Memaknai Pengalaman Sehari-hari

Judul Buku  : Pelita Jiwa  
Penulis : I. Wawang Setyawan, SS  
Penerbit  : Kanisius  
Cetakan  : I, 2010  
Tebal  : 136 halaman
Diresensi di 
:  Majalah Hidup
Peresensi  : St. Sigit Pranoto Scj

“Pengalaman adalah guru yang bijaksana. Di dalamnya kita dapat belajar untuk terus-menerus menjadi pribadi yang makin baik dari hari ke hari. Melaluinya pelita jiwa kita menjadi bersinar terang. Dan akhirnya mampu menerangi kehidupan kita pribadi dan sesame di sekitar kita serta alam semesta.”
Kutipan di atas diambil dari tulisan yang berada pada cover belakang buku Pelita Jiwa karya I Wawang Setyawan SS. Buku sederhana ini berisi buah renungan dan refleksi penulis atas berbagai peristiwa hidup yang dialaminya sehari-hari. Dengan jeli penulis mengangkat hal-hal yang nampak begitu sepele dalam hidup kita.
Dalam buku Pelita Jiwa ini, penulis mengangkat 21 hal yang ada di sekitar kita, seperti patung, mie instan, laut, batu karang, bunga teratai, dll; serta memberikan pemaknaan yang begitu mendalam bagi hidup kita sehari-hari. Sebagai bahan permenungan, penulis juga memberikan kutipan-kutipan kitab suci yang sesuai dengan topik yang diangkat sehingga dapat memberikan siraman rohani bagi para pembaca.
Tulisan-tulisan di dalamnya juga inspiratif, terlebih karena disertai ilustrasi yang dapat mengantar pembaca pada topik yang direfleksikan. Di setiap akhir tulisan, penulis juga mengutip kata-kata bijak dari tokoh-tokoh terkemuka sehingga dapat dijadikan pedoman hidup para pembacanya.
Kendati ditulis dengan bahasa yang cukup sederhana, buku ini sarat makna teologis dan filosofis dalam hidup beriman. Sebab itu pula, buku ini dapat dibaca siapa saja tanpa memandang latar belakangnya. Buku ini baik juga digunakan sebagai bahan renungan bersama dalam kelompok atau pun bahan refleksi pribadi, sehingga dapat memperdalam pengetahuan dan penghayatan iman.


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger