Menumbuhkan Budaya Akademik

Judul      : Menuju Pendidikan Global? 
Editor      : Judith Schlehe dan G.R. Lono Lastoro Simatupang
Terbit : 11-12-2008
ISBN : 978-979-21-2093-6
Tebal      : 461
Peresensi : Nurul Maghfiroh

Memilih PT memang bukanlah pekerjaan mudah. Ia membutuhkan ketekunan dan waktu luang yang banyak. Guna mendapatkan informasi yang memadai tidak hanya melalui dari browsing di internet, bertanya kepada teman, atau melalui brosur. Informasi yang tepat juga dapat ditelaah melalui sebuah buku.

Buku berjudul Menuju Pendidikan Global? Membandingkan Budaya Akademik di Indonesia dan Jerman, menjadi semacam panduan bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia pendidikan tinggi. Di dalam buku ini disajikan sekian data dan fakta mengenai budaya akademik yang menjadi ruh dalam PT.
Pendidikan dan budaya di sekolah mempengaruhi budaya akademik di jenjang pendidikan selanjutnya. Hal itu terlihat, ketika mahasiswa sudah masuk universitas. Perbedaan antara mahasiswa Indonesia dan Jerman dalam pengalaman dan orientasi muncul dari nilai-nilai pendidikan yang mereka bawa dari jenjang pendidikan sebelumnya (hal. 457). 

Buku ini berisi kumpulan makalah hasil penelitian mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan mahasiswa Albert-Ludwigs University, Freiburg, Jerman. Penelaahan terhadap data lapangan yang disilang menjadikan buku ini obyektif. Artinya, hasil pengamatan mahasiswa ditulis apa adanya sesuai dengan kaidah penelitian.

Kelebihan buku ini juga terletak pada kejelihan peneliti muda dalam melihat realitas budaya akademik yang berbeda antara dua universitas berbeda negara tersebut. Seperti mengenai gaya hidup dosen alumnus PT luar negeri, gaya hidup mahasiswa, aktivitas sosial mahasiswa di Indonesia yang berwujud kuliah kerja nyata (KKN) yang tidak ada di Jerman, dan satu hal yang tidak bisa dibandingkan langsung adalah keberadaan universitas Islam di Indonesia yang tidak ada di Jerman.

Akhirnya, buku ini layak dibaca oleh siapa saja yang ingin mengetahui dan memperdalam tema perbandingan budaya akademik. Lebih dari itu, buku ini merupakan bacaan awal bagi alumnus SMA untuk mengetahui seluk-beluk PT, di tengah semakin banyaknya “PT bodong” yang hanya menjual ijazah tanpa mendidik dan menumbuhkan budaya akademik bagi mahasiswanya.

*)Alumnus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger