Mengenal dan Memahami Pembaharuan Karismatik Katolik

Pengarang : Rm Yohanes Indrakusuma O.Carm
Penerbit : Kanisius
Cetakan : I, 2010
Tebal : 176 halaman
Peresensi
:
St. Sigit Pranoto Scj


Dalam Gereja Katolik berkembang kelompok Pembaharuan Karismatik Katolik. Pembaharuan Karismatik Katolik (PKK) yang mulai di Pittsburgh, Amerika Serikat pada 19 Februari 1967 ini sebenarnya berawal dari sekelompok kecil yang berjumlah sekitar 30 orang yang mempunyai keprihatinan terhadap kemerosotan semangat kerohanian yang melanda Gereja Katolik setelah Konsili Vatikan II. Dan dalam waktu yang relatif singkat, kelompok ini berkembang begitu pesat hingga dewasa ini dan menyebar hampir di seluruh belahan dunia.
Keberadaan PKK di Indonesia sebenarnya dimulai di dua tempat yakni di Malang pada tahun 1975 dan di Jakarta pada tahun 1976. Itu pun juga berawal dari sebuah kelompok kecil. Namun kelompok kecil itu akhirnya juga berkembang luas di berbagai daerah lain. bahkan saat ini hampir bisa dipastikan bahwa di setiap keuskupan di Indonesia terdapat kelompok tersebut.
Kendati keberadaan PKK sudah menyebar di berbagai tempat, akan tetapi belum semua orang mengetahui seluk-beluk dari kelompok ini. Bahkan tak jarang mempunyai pandangan negatif terhadap kelompok ini. Memang, tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran PKK di berbagai keuskupan di Indonesia mendapat tanggapan yang berbeda-beda. Ada keuskupan yang terbuka, namun juga ada keuskupan yang tertutup.
Secara lengkap, informasi seputar Pembaharuan Karismatik Katolik disajikan dalam buku ini. Penulis, Rm Yohanes Indrakusuma O.Carm, yang merupakan pioner dari kelompok ini menuturkannya secara lengkap dalam buku ini, mulai dari sejarah dan perkembangan, dimensi teologis PKK, hakekat dan tujuan PKK, kharisma-kharisma, tantangan dan peluang dari PKK. Pembaca juga diajak untuk mengenal lebih dekat Putri Karmel, CSE dan Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) yang didirikannya.
Buku ini cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin mengenal lebih dalam dan lengkap tentang Pembaharuan Karismatik Katolik (PKK). Dengan demikian melalui penjelasan di dalamnya, pembaca dapat memberikan penilaian terhadap PKK ini secara lebih obyektif. Demikian juga bagi mereka yang sudah menjadi bagian dari PKK akan semakin memperdalam pengetahuannya tentang PKK ini secara pribadi.


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger