Panduan Sederhana Tentang Iman Kristiani

Judul : User’s Guide to Christian Belief
Penulis : Mark Stibbe
Penerjemah : Rm. Hasto, Fr. Bagyo, Fr. Dimas
Penerbit : Kanisius, 2009
Isi : 140 halaman
ISBN : 978-979-21-2430-9


Bagaimana cara umat awam yang ingin mempelajari dan memahami Allah, Yesus, Roh Kudus, penciptaan, dosa, kebangkitan, makna salib, serta akhir zaman? Haruskah mereka mengikuti kuliah teologi atau membaca buku-buku tentang iman Kristiani yang belum tentu mudah dipahami?
Sepertinya tidak. Sebab saat ini banyak diterbitkan buku-buku Kristen yang praktis, menggunakan bahasa sederhana, dan dikemas secara menarik.
Salah satu buku tersebut adalah User’s Guide to Christian Belief yang ditulis oleh Mark Stibbe. Menurut Stibbe, buku ini menjadi suatu pengantar sederhana tentang iman dan kepercayaan orang Kristen. Selain itu, buku ini memang ditujukan bagi umat awam serta menjadi panduan bagi pemula untuk belajar tentang iman dan kepercayaan Kristen yang mendasar.
Sembilan bab dalam buku ini membahas tentang pewahyuan, Allah, penciptaan, kejatuhan manusia, Yesus, salib, kebangkitan, Roh Kudus, dan hal-hal terakhir (akhir zaman).
Sesuai judulnya, buku ini dapat disebut sebagai sebuah buku panduan. Maka tidak heran jika dikemas secara menarik. Bahasa yang digunakan benar-benar ringan dan mudah dimengerti. Bagian akhir buku dilengkapi indeks yang memudahkan untuk mencari kata-kata kunci.
Pemilihan kertas jenis art paper dan gambar ilustrasi berwarna yang menghiasi sejumlah besar halaman, membuat buku ini terkesan eksklusif. Namun tidak diimbangi dengan pemilihan desain sampul yang terkesan kontemplatif, seperti buku renungan. Padahal buku ini sejatinya lebih seperti ensiklopedi.
Namun seperti ungkapan jangan melihat buku dari sampulnya, isi buku ini pun sangat layak untuk dibaca serta dimiliki setiap umat Kristiani yang ingin memahami iman dan kepercayaannya.

Willy Putranta


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger