Inspirasi Fransiskus Asissi

Judul         : Gerakan Awal Kongregasi Peniten Rekolek
Editor        : Antonius Eddy Kristiyanto, OFM
Penerbit     : Kanisius, 2009
Isi              : 238 halaman
ISBN        : 978-979-21-2481-1


Fransiskus Asissi adalah tokoh yang mengguncang dunia. Betapa tidak, semangat hidupnya menjadi banyak inspirasi bagi berbagai kongregasi Fransiskan seluruh dunia yang tidak terhitung jumlahnya. Sejarah mencatat empat kongregasi (FCh, FSE, KSFL, SFS) ternyata bersaudara dan berada di bawah satu payung semangat Peniten Rekolek yang diwariskan oleh Theresia Saelmaekers.
Peniten Rekolek dalam sejarah gereja hanya dipeluk oleh empat kongregasi perempuan. Tidak ada laki-laki yang memeluk spiritualitas ini. Hal ini menunjukkan Fransiskanisme tidak bisa dipahami tanpa kehadiran perempuan. Kombinasi ini menjauhkan penganutnya dari narsisme spiritual. Semangat Peniten Rekolek merupakan semangat pertobatan terus-menerus yang didasari oleh sikap hening.      
     Buku yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami menawarkan khazanah sejarah keempat kongregasi yang ternyata bersaudara dan mengupas habis semangat Peniten Rekolek warisan Theresia Saelmaekers yang seharusnya menjadi semangat kita semua. Selain itu juga berisi tentang identitas historis Fransiskan Peniten Rekolek serta reinterpretasi spiritualitas Peniten Rekolek di Indonesia.
    Isi buku ini sungguh fenomenal dan merupakan gerakan awal dari keempat kongregasi (FCh, FSE, KSFL, SFS) yang menyadari diri sebagai saudara. Buku ini cocok dibaca untuk semua kalangan khususnya yang berminat pada bidang sejarah dan spiritualitas.


Sr. Fransita, FCh
Jl. Taman Siswa 110 Yogyakarta 55151
email: fransitafch@yahoo.com


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger