Memaknai Penderitaan

Judul Buku     : Question of Faith? Why do People Suffer? Mengapa Manusia     Menderita?
Penulis            : James Jones
Penerbit          : Kanisius
Cetakan          : I, 2010
Tebal               : 112 halaman

”Seringkali, kita mulai berdoa dengan sungguh-sungguh hanya ketika bencana melanda kita. Kita melupakan segala perdebatan yang mendukung atau melawan keberadaan Allah dan berteriak meminta supaya Allah menyelamatkan kita. Namun, jika penderitaan tetap berlanjut meski kita berdoa, kita meragukan keberadaan Allah atau mempertanyakan Allah macam apakah Dia sebenarnya? Hal itu membuat penderitaan kita lebih tak tertanggungkan lagi. Mengapa Allah tidak mengatakan sesuatu pun? Apakah Ia ada? Apakah Ia peduli?” (hal. 52)
            Paragraph di atas merupakan salah satu cuplikan dari salah satu pembahasan pertanyaan atas keberadaan Allah ketika manusia menderita. Memang, penderitaan seringkali membuat kita bertanya-tanya di manakah Allah, yang banyak digambarkan sebagai Bapa yang baik hati itu. Mengapa Allah yang penuh kasih itu membiarkan penderitaan terjadi? Apakah Allah menciptakan kejahatan? Atau, apakah Allah sengaja membiarkan ciptaanNya menderita?
            Berbagai pertanyaan di seputar penderitaan seakan tiada henti-hentinya terlontar dari dalam diri kita. Ironisnya, kita cenderung menyalahkan Allah sebagai penyebab utama penderitaan itu sehingga perlahan-lahan kita meninggalkan Allah.
            Dalam buku ini, James Jones secara runtut menguraikan fakta penderitaan itu dan mengajak pembaca untuk menemukan makna terdalam di balik derita. Ia menguraikannya secara sederhana dan mudah dipahami dalam delapan bagian. Masing-masing bagian selalu diawali dengan sebuah tesis singkat yang dapat membantu pembaca memahami gagasan setiap pembahasan.
            Selain itu, pembaca juga semakin terbantu dalam memahami isi setiap pembahasan melalui gambar-gambar ilustrasi yang humanis. Disajikan pula kutipan-kutipan dari banyak tokoh dan kitab suci sebagai pendukung yang disusun secara menarik sehingga pembaca bisa menemukan inspirasi bagi hidupnya.
            Buku ini cocok bagi siapa saja yang ingin memaknai penderitaan secara lebih mendalam. Berbagai pertanyaan kita seputar penderitaan yang seringkali membuat kita ragu akan keberadaan Allah, akan sedikit terjawab melalui buku ini. Dan akhirnya, buku ini sangat dianjurkan untuk mendampingi mereka yang sedang berada dalam keadaan krisis iman karena penderitaan yang dialaminya.
St Sigit Pranoto SCJ
Skolastikat SCJ
Jl Kaliurang Km 7,5
Yogyakarta 

Dimuat di Hidup 23 Mei 2010


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger